Kunjungan Industri PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk adalah perusahaan multinasional yang memproduksi makanan dan berkantor di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1959. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis bahan makanan. Pada tahun 1959 Tan Pia Sioe mendirikan bisnis keluarga yang nantinya berkembang menjadi PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. Sebuah bisnis keluarga yang memproduksi bihun jagung dengan nama Perusahaan Bihun Jagung Cap Cangak Ular di Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk memenuhi permintaan pasar akan produk-produk makanan yang terus tumbuh, PT Tiga Pilar Sejahtera didirikan pada tahun 1992 dan menjadi perusahaan publik pada tahun 2003. Berbekal pengalaman yang panjang, tradisi serta loyalitas terhadap konsumen, TPS-Food berhasil meraih posisi sebagai produsen bihun dan mie kering di pasar Indonesia.

Salah satu pabrik dari Tiga Pilar Corporation adalah PT Poly Methrida Indonesia yang terletak di Dukuh Jumok, Desa Sapen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik ini memproduksi secara khusus produk snack dan candy.

Proses awal pada produksi snack dimulai dengan pembentukan snack dari bahan baku menggunakan alat mixer kemudian mengalami proses seasoning atau penambahan bumbu, peng-oven-an dan kemudian packaging. Snack yang sudah dipasarkan saat ini antara lain Macaro, crunch, potatozz dan banana.

Selain produk snack, di pabrik Poly Methrida juga diproduksi jenis makanan candy atau permen. Soft candy sebagai bahan dasar mengandung glukosa dan gula-gula lain. Kemudian soft candy ini akan diolah menjadi adonan gulali jumbo lalu diratakan dan ditarik serta diperkecil untuk membentuk gulungan. Gulungan ini kemudian dicetak menjadi tekstur permen yang sifatnya masih belum terlalu padat dan bertempetur cukup tinggi. Untuk memperoleh permen kering maka tahapan selanjutnya adalah drying dan cooling. Permen yang sudah jadi kemudian ditimbang lalu dikemas. Apabila terjadi kecacatan pada hasil akhir, maka proses pembuatan diulang dari awal. Untuk memindai adanya kandungan logam maka digunakan juga methal detector. Produk permen yang dihasilkan untuk bersaing di pangsa pasar dalam negeri antara lain gulas, antangin dan OB herbal. Sedangkan permen yang pangsa pasarnya luar negeri seperti Ginger Chews dan Gin-gins.

Pabrik pusat PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk selanjutnya terletak di kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Pabrik besar ini memproduksi produk mie dan biskuit baik yang sifatnya basic product, consumer product maupun institutional food. Pada proses pembuatan noodle, adonan mie masuk ke dalam alat mixer untuk menghasilkan adonan mie gulungan besar. Kemudian adonan tersebut diproses dengan metode cutting untuk menghasilkan bihun yang sifat dan tekstur lebih lembut yag kemudian di-steaming dan cutting untuk memperoleh mie bihun yang mempunyai bentuk seagaimana cetakannya. Bihun yang sudah terbentuk selanjutnya dicek dan di-drying agar kadar airnya kurang lebih 3,5 % sehingga daya simpannya dapat mencapai satu tahun. Kemudian bihun di-cooling dengan fan dan siap untuk dikemas.

Sedangkan untuk biskuit, bahan baku tepung dan lainnya diproses dalam mixer selama dua belas menit untuk menghasilkan adonan besar yang siap slicing. Selanjutnya, adonan tersebut dicetak dan dioven. Lalu dilakukan pengecekan sebelum drying. Proses cooling setelah drying dilengkapi dengan methal detector sebelum akhirnya dikemas dan dipasarkan.

Untuk kategori Basic Food, produk yang dihasilkan seperti Bonding, Superior, Bossmie dan Filtra. Untuk kategori consumer food, produknya seperti Mikita, Vip, Ha Ha mie, Mie Kremaz, Shorr, Fetucini, Lola dan Growie. Sedangkan untuk Institutional Food seperti MP Asi dan Phi.

Bidang tugas yang dijalankan di pabrik PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk terbagi atas bagian penggudangan, quality control, operator mesin proses produksi, bagian packing serta pengemasan dan juga bagian inspection.

Bagian penggudangan menerima bahan baku yang datang untuk diolah serta melakukan penataan bahan-bahan tersebut di dalam gudang. Bagian Quality control melakukan filtering bahan baku yang diterima oleh personalia gudang untuk memisahkan antara bahan yang layak diolah dengan bahan yang tidak layak diolah. Operator mesin produksi adalah bagian yang secara langsung menangani proses pengolahan bahan baku hingga diperoleh produk barang yang diinginkan. Pada unit ini, operator yang bekerja antara lain pada bagian mixer, bagian DCM, bagian shapping and folding dan selainnya. Bagian packing bertugas dalam hal pengemasan produk barang yang sudah jadi yang selanjutnya akan diteliti kembali oleh bagian Quality Inspection untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah sesuai dengan parameter yang diinginkan. Semua bagian tadi berada di bawah manajemen perusahaan PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk yang terorganisasi dalam bagian-bagian yang mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Setelah mengikuti kunjungan industri ke PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk, ada banyak hal yang menginspirasi dan memotivasi sebagai bagian dari teknologi pangan. Pertama, bahwa untuk mendirikan sebuah perusahaan yang besar dan berkualitas diperlukan usaha keras dan impian serta kesahajaan dalam membangun perusahaan tersebut sehingga perusahaan dapat bertahan meskipun dalam kondisi krisis. Kedua, bahwa perusahaan di bidang pangan adalah salah satu perusahaan yang tahan krisis ekonomi serta mampu berkolaborasi dengan jenis perusahaan lain dalam satu payung korporasi, sehingga tidak diperlukan adanya kekhawatiran akan masa depan seorang teknolog pangan. Ketiga, bahwa perusahaan bidang pangan selain menjalankan fungsi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat juga dapat bergerak sebagai organisasi sosial yang turut membantu penanganan bencana alam maupun kemiskinan. Keempat, bahwa seorang teknolog pangan ternyata secara tidak langsung juga berkontribusi dalam peningkatan kekuatan ekonomi masyarakat serta peningkatan pendapatan nasional dengan memberikan lapangan pekerjaan yang luas dan beragam kepada masyarakat.

Menjadi teknolog pangan di masa depan memberikan kesempatan yang besar untuk berkontribusi bagi masyarakat dan negara serta mampu menjadi bagian penting dari arus perputaran ekonomi global.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s