Varietas Teh Hijau Jepang

Jepang merupakan negara pelaku pasar teh hijau terbesar di dunia setelah China. Selain itu, teh hijau produksi jepang mempunyai varietas yang berbeda-beda, bahkan beberapa diantaranya dapat dikategorikan sebagai varietas yang inovatif. Hampir sebagian besar teh hijau yang dikonsumsi di Jepang termasuk steamed green tea. Berbeda dengan China, hampir sebagian besar teh hijaunya termasuk kategori pan-fired green tea.

Berikut beberapa varietas teh hijau yang ada di Jepang :

1. Bancha

Jenis teh hijau ini tidak terlalu terkenal di negara lain. Bancha adalah teh hijau yang paling utama di Jepang. Dibandingkan dengan teh hijau yang lain, teh jenis ini memiliki ukuran daun yang lebih besar dan daun yang lebih dewasa serta masa panen lebih lama. Oleh sebab itulah, teh ini memiliki kandungan kafein yang cukup rendah.

2. Sencha

Sencha adalah jenis teh hijau Jepang yang paling terkenal dan tersedia di negara-negara barat. Jenis teh ini mempunyai daun yang cukup lebat dan memiliki aroma yang kuat. Penampakannya terkadang menyerupai rumput laut.

3. Matcha

Matcha termasuk jenis tea ceremony di Jepang. Teh ini berbentuk bubuk yang penyajiannya langsung diseduh dengan air panas pada cangkir dan biasanya diaduk dengan pengaduk bambu kecil. Matcha mempunyai flavor yang kuat, warna hijau keruh serta tekstur yang berbeda dengan teh hijau lainnya.

4. Gyokuro

Jenis teh ini berasal dari daun yang sama dengan daun teh yang digunakan untuk membuat Matcha. Tanaman teh untuk memproduksi Gyokuro biasanya dijaga dari paparan sinar matahari langsung beberapa waktu sebelum masa panen. Gyokuro menghasilkan warna hijau yang kuat dan memiliki kandungan L-theanin yang lebih tinggi.

5. Kukicha

Juga lebih dikenal sebagai teh ranting. Kukicha adalah jenis teh jepang yang terbuat dari ranting atau dahan tanaman teh. Karena dahan memiliki kandungan kafein yang lebih rendah, maka jenis teh ini juga mempunyai kandungan kafein yang relatif rendah bila dibandingkan teh hijau dari daun.

6. Hojicha

Teh ini seringnya terbuat dari Bancha atau Kukicha. Namun tidak menutup kemungkinan terbuat dari jenis teh lainnya. Hojicha berbeda dengan jenis teh hijau lain, karena teh ini dalam penyajiannya disangrai terlebih dahulu sehingga flavornya sedikit mirip dengan kopi. Hojicha juga memiliki kandungan kafein yang sangat rendah sehingga cukup baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s