Berlangganan Gratis Majalah ” RESEARCH*EU ”

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya setelah Hari Raya Idul Fitri 1433 H, saya menerima sebuah surat kiriman dari Luxemburg. Selisik punya selisik, ternyata amplop putih tersebut berisi majalah research*eu dan ditujukan atas nama pribadi saya. Sebelumnya saya membaca majalah research*eu ini dari kiriman yang ditujukan atas nama Anas Al Amin, penghuni wisma Misfallah Thalabul ‘Ilmi angkatan lama. Saat ini mas Anas kabarnya sudah bekerja di Jakarta, namun mungkin karena lupa untuk mengajukan surat pemberhentian langganan, majalah research*eu masih dikirim atas nama beliau dengan alamat wisma MTI.

Majalah research*eu adalah sejenis result magazine berupa informasi tentang perkembangan dunia riset di Eropa. Majalah ini terbit di bawah naungan European Comission, Community Research and Development Information Service, Office des Publications. Di dalamnya kita bisa menemukan informasi terkait research projects, riset-riset yang didanai serta event-event terkait dunia riset dan ilmu pengetahuan di benua Eropa.

Disajikan dalam bahasa Inggris, secara garis besar isi majalah ini terangkum dalam lima jenis konten, yaitu biology and medicine, energy and transport, environment and society, IT and telecomunications, industrial technologies serta tambahan informasi kegiatan ke-riset-an. Bagi kalangan akademisi yang sudah advance atau expert, mungkin majalah ini terkesan sebatas surat kabar yang penyajian isinya tidak bisa mewakili kapasitas ilmu dan riset secara menyeluruh. Namun, bagi pemula seperti saya, majalah ini cukup memberikan beberapa informasi tambahan tentang dunia ilmu pengetahuan yang tidak saya dapatkan melalui media lainnya. Selain tentunya menjadi salah satu sarana untuk meng-improve kemampuan bahasa asing.

Nah, bagi yang inggin berlangganan, sebenarnya caranya cukup mudah. Kita hanya perlu mengisi formulir berlangganan secara on line  dengan pengisian yang sebenar-benarnya. Pengisian yang saya maksud dapat dilakukan dengan mengeklik link dibawah ini :

manage my subscription to CORDIS research publications

Setelah dinyatakan sukses, maka kita tinggal menunggu majalah tersebut dikirim sesuai dengan alamat yang kita isikan pada formulir. Kurang lebih satu atau dua bulan dari masa terbit, majalah research*eu akan sampai di tangan kita. Dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Bahkan terkadang masih disertai hadiah. Seperti pada edisi ke -14 kemarin, saya mendapat hadiah tabel periodik unsur terbaru ( edisi revisi ) terbitan CORDIS.

Harapannya, iklim riset dan ilmu pengetahuan seperti itu bisa lebih berkembang lagi di Indonesia. Dan tentunya informasi terkait dunia riset semakin mudah diakses oleh masyarakat luas sehingga mendorong kemajuan dalam hal pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan bersama.

Selamat Belajar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s