Mengenal Simbol Recycling Sampah Plastik

Pada masa modern ini, kita tidak lepas dari penggunaan produk berbahan dasar polimer plastik. Mulai dari alat-alat kerja, alat-alat belajar, mainan anak-anak hingga perabot rumah tangga. Seperti yang telah kita ketahui bersama, sejauh ini plastik masih menjadi salah satu produk yang tidak bisa didegradasi secara alami oleh lingkungan ketika sudah tidak dimanfaatkan lagi. Oleh karena itu, menjadi sebuah hal penting untuk melakukan manajemen dan pengelolaan sampah-sampah plastik tersebut agar keberadaannya dapat ditangani dengan baik.

Langkah pertama yang bisa dilakukan kaitannya dengan pengelolaan sampah plastik adalah mengenali dan memahami simbol-simbol recycling dari produk plastik. Mengutip dari tulisan Pak Mohammad Syamsiro di artikel web yang sarat manfaat, Olah Sampah, disini saya sedikit memberikan deskripsi singkat dari simbol-simbol recycling yang dimaksud.

1. PET atau PETE atau Polythylene Therephthalate

Sifatnya ringan, murah, dan mudah membuatnya. Penggunaannya terutama pada botol minuman soft drink, tempat makanan yang tahan microwave dan lain-lain.

2. HDPE ( High Density Polyethylene )

Karakternya lebih kuat dan rentan terhadap korosi, sedikit sekali resiko penyebaran kimia bila digunakan sebagai wadah makanan, bisa digunakan untuk wadah shampoo, deterjen, kantong sampah. Mudah didaur ulang.

3. PVC ( Polyvinyl Chloride )

Plastik jenis ini memiliki karakteristik fisik yang stabil dan memiliki ketahanan terhadap bahan kimia, cuaca, sifat elektrik dan aliran. Bahan ini paling sulit didaur ulang dan paling sering kita jumpai penggunaannya pada pipa dan konstruksi bangunan.

4. LDPE ( Low Density Polyethylene )

Bisa digunakan untuk wadah makanan dan botol-botol yang lebih lembek.

5. PP ( Polypropylene)

Plastik jenis ini mempunyai sifat tahan terhadap kimia kecuali klorin, bahan bakar dan xylene, mempunyai sifat insulasi listrik yang baik. Bahan ini juga tahan terhadap air mendidih dan sterilisasi dengan uap panas. Aplikasinya pada komponen otomotif, tempat makanan, karpet, dll.

6. PS ( Polystyrene )

Jenis ini mempunyai kekakuan dan kestabilan dimensi yang baik. Biasanya digunakan untuk wadah makanan sekali pakai, kemasan, mainan, peralatan medis, dll.

Akhirnya setelah memahami makna dibalik simbol recycling di atas seharusnya kita bisa melakukan penanganan yang tepat terhadap produk plastik di sekitar kita.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s