Share Research, Academia.edu

Semangat dan harapan melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri membuat saya mulai berubah haluan selancar di internet. Jika dulu disibukkan dengan sekedar membuka facebook atau mengunjungi blog teman, maka sekarang saya lebih sering mengunjungi situs-situs universitas di luar negeri, utamanya Jepang, situs-situs beasiswa luar negeri, cerita kehidupan mahasiswa disana dan masih banyak lagi. Awalnya saya hanya mencari-cari informasi terkait mahasiswa muslim yang sedang studi di Kyoto University, Jepang. Setelah agak kesulitan searching melalui website resmi Kyodai akhirnya saya mencoba mencari melalui google.

Sindikasi pertama yang muncul dari kata kunci ‘Muslim Student in Kyoto University’ waktu itu adalah nama seorang mahasiswa, Dr. Mohammad Najmul Islam. Namun waktu itu saya tidak serta merta mengeklik link sindikasi tersebut, dikarenakan ada yang menarik dari alamat link-nya, kyoto-u.academia.edu/DrMohammadNAJMULIslam. Saya mengira itu adalah alamat blog pribadi beliau dengan domain Kyoto University sebagaimana ketika membuat blog di situs UGM akan mendapat address blog.ugm.ac.id. Namun, setelah mengeklik link sindikasi tersebut, ternyata yang muncul adalah halaman profile yang sedikit mirip dengan halaman profile di facebook. Hanya saja informasi yang muncul tidak selengkap dan sedetail sebagaimana di facebook.

Rasa penasaran memancing saya untuk menghapus kata kyoto-u dan DrMohammadNAJMULIslam dari link utama sehingga menyisakan kata academia.edu. Kemudian saya tekan enter dan jadilah tampilannya menjadi halaman awal situs academia.edu

Selisik punya selisik, ternyata academia.edu adalah sejenis platform social network yang dibangun dengan maksud untuk memberikan akses yang mudah bagi para ilmuwan, peneliti dan akademisi untuk berbagi hasil riset dan penemuan. Yah, boleh dibilang mirip dengan facebook atau twitter, hanya saja cakupannya lebih ilmiah dan profesional. Melalui platform ini, kita dapat berbagi makalah, paper, jurnal ilmiah, bahkan mencari pekerjaan dan tentunya terhubung dengan hampir dua juta pengguna lainnya.

Platform academia.edu sudah terhubung dengan facebook, sehingga untuk log in dan mendaftar bisa melalui akun facebook kita masing-masing. Namun demikian, bagi yang tidak memiliki facebook, untuk mendaftar pun cukup mudah. Kita hanya perlu mempunyai akun email yang masih aktif dan mengisi form pendaftaran di halaman awal academia.edu yang menurut saya cukup simpel. Setelah terdaftar dan melengkapi informasi profile, kita dapat segera menentukan research interest sesuai dengan minat kita masing-masing. Hal ini dilakukan agar informasi yang muncul di newsfeed bisa langsung mendekati dan mempunyai keterkaitan yang erat dengan bidang akademik kita saat ini. Misalnya saya sekarang sedang studi di jurusan teknologi pangan, maka pada waktu itu saya memilih research interest seperti food science, biochemistry, food chemistry, food safety, food microbiology dan sejenisnya. Sehingga newsfeed yang muncul pada halaman saya adalah paper dan makalah yang berhubungan dengan research interest tersebut.

Sebagian besar paper dan makalah yang dibagikan melalui academia.edu mempunyai format file PDF dan sebagiannya dapat kita download, namun untuk masalah verifikasi dan standarisasi ilmiah, saya belum banyak mengetahui. Untuk terhubung dengan partner akademisi yang lain, kita cukup mencari nama partner di bagian pencarian. Jika sudah mempunyai akun academia, kita tinggal mengeklik follow sebagaimana di twitter. Bagian pencarian ini juga dapat kita manfaatkan untuk mencari informasi di luar research interest yang kita tetapkan tadi.

Academia.edu didirikan oleh Richard Price pada September 2008 dan memperkejakan sebelas pegawai. Pusatnya terletak di kota San Fransisco, Amerika Serikat. Registrasi platform ini sifatnya gratis dan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa interface.

Jadi, tunggu apalagi? Jika memang dibutuhkan tidak ada salahnya bukan untuk bergabung? Dan kalau sudah bergabung, jangan lupa follow saya ya ?!

Me on Academia

Yah, walaupun memang belum ada makalah atau laporan riset yang saya submit, setidaknya bisa berbagi link riset dan menambah kazanah ilmiah kita.

Semoga Bermanfaat!

One thought on “Share Research, Academia.edu

  1. almira

    wah.. saya awalnya jg bingung karena banyak e-mail masuk dengan kata academia.edu tp akhirnya saya tahu dan sepertinya menarik jika bergabung di situs itu

    Reply

Leave a Reply

