10 Langkah Sederhana untuk Hidup Sehat

Sehat adalah bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia. Tanpa sehat, semua hal yang dimiliki oleh manusia akan terasa hambar dan tidak berguna. Bahkan sudah jamak kita ketahui bahwa untuk sekedar sehat kembali, manusia rela menghabiskan seluruh harta bendanya, berobat hingga ke luar negeri dan sebagainya. Berbicara tentang sehat, sebenarnya ada banyak sekali langkah yang bisa kita tempuh. Diantara sekian banyak langkah tersebut, tentu ada yang sifatnya berbayar alias tidak gratis dan ada juga yang sifatnya cuma-cuma serta bisa kita lakukan dengan mudah. Berikut ini saya sampaikan beberapa tips yang dapat dipraktikkan sehari-hari untuk menggapai hidup sehat :

1. Untuk membuat badan menjadi lebih fit, tidak dapat diperoleh hanya dengan duduk-duduk saja. Selain berpotensi menimbulkan kegemukan, kita juga harus ingat bahwa tidak semua kursi itu baik untuk tubuh kita. Lakukan gerakan mengangkat kaki sewaktu duduk. Dan bila duduk, duduklah dengan punggung tegak.

2. Gunakan sedikit gula dalam secangkir kopi atau teh yang kita minum. Dua sendok teh gula per cangkir cukup. Minumlah sedikit kopi atau teh manis, dan bila mungkin maka minumah tanpa gula sama sekali. Minumlah susu dengan kandungan lemak yang rendah. Minum air putih segar lebih baik.

3. Bila haus, minumlah air dingin. Delapan gelas air sehari baik untuk kesehatan kita. Hal tersebut dapat ditambah es atau air jeruk bila diperlukan. Berusahalah untuk memuaskan kehausan dengan air putih tanpa tambahan kalori.

4. Bagi kita yang hidup di perkotaan, makan siang tidak perlu harus hamburger, pizza atau fried chicken. Akan lebih bagus memilih sandwich tuna tanpa mayonaise. Makanlah salad buah atau sayuran dengan perasan lime sebagai dressing.

5. Buah baik untuk kita. Usahakan mendapat suplai serat dan vitamin dari buah, bukan dari kapsul, tablet atau sumber yang lain. Sebagian besar buah rendah kalorinya, jadi merupakan snack yang sehat bagi rang dewasa.

6. Sebaiknya kita melatih diri untuk lebih menyukai ikan dan bukan daging. Dalam proses pemasakannya, usahakan untuk mengurangi lemak yang berlebihan dengan membakar atau mengkukus dan jangan digoreng.

7. Beri istirahat pada mata kita lebih kurang 15 menit setelah kerja dibelakang komputer selama 2 jam. Apalagi bila banyak pekerjaan membaca angka, perlu lebih banyak istirahat. Lihat ke jendela, pandanglah keluar gedung kantor dan lakukan jalan-jalan kecil.

8. Cobalah berolahraga sederhana dimana saja. Entah di rumah, di kantor atau kampus bahkan ketika menunggu seseorang. Angkat kakai lurus perlahan ke atas sewaktu berbaring, lakukan 10-20 kali. Gerakkan jari, mata dan persendian.

9. Hindarkan diri dari stress atau depresi. Bicaralah dengan kawan ‘ a problem shared is a problem solved ‘. Lakukan relaksasi, olahraga atau jalan kaki dan selalu tersenyum.

10. Bila kita mempunyai rumah bertingkat, lakukan olahraga naik turun tangga. Lakukan setahap demi setahap. Jangan memaksakan diri. Hal itu baik untuk otot dan paru-paru kita.

Jadi, untuk menjadi pribadi yang sehat sebenarnya tidak sulit bukan?

Demikian tadi sedikit tips tentang kesehatan yang semoga bermanfaat. Terakhir, mengutip slogan dari satu stasiun radio di Solo,

” Mari Budayakan Sehat, Karena Sehat adalah Gaya Hidup ”🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s