Teh Bunga untuk Kesehatan Otak

Berbagai jenis tanaman memiliki gizi yang tinggi. Selain berperan sebagai makanan, tanaman juga dapat berperan sebagai obat dan penangkal berbagai penyakit. Berikut ini disajikan beberapa tanaman bunga yang dapat diolah menjadi teh seduh dan bermanfaat bagi kesehatan, khususnya otak. Saya rangkumkan dari buku Prof. F.G Winarno yang berjudul ‘Otak, Pangan dan Kecerdasan’

1. Chamomile (German Chamomile : Chamomile recutita, Roman Chamomile : Chamaemelum nobile)

Bunga yang cantik ini dikenal sebagai herba karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Secara alami, bunga Chamomile dapat tumbuh bersama dengan tanaman lain. Bahkan, tanaman ini dikenal dengan ‘dokter tanaman’ karena dapat membantu pertumbuhan spesies tanaman lain yang baik di sekitarnya.

Penggunaan mahkota bunga Chamomile sebagai teh dapat me-relax-kan fungsi pencernaan dan daya kerja syaraf. Teh bunga Chamomile merupakan minuman yang paling cocok untuk dikonsumsi saat petang hari. Bunga Chamomile juga dikenal sebagai mother of the gut. Chamomile dapat mengurangi kejang otot dan radang pencernaan serta meningkatkan fungsi hati.

Chamomile dapat menjadi minuman ideal setelah makan malam, terutama untuk relaksasi. Selain itu, minuman teh Chamomile juga ideal dikonsumsi sebelum tidur. Dengan mengonsumsi secangkir teh Chamomile hangat dapat mengurangi efek iritasi hidung saat flu dan pusing.

Jika membeli Chamomile segar, pastikan bunga Chamomile memiliki warna kuning cerah dan bermahkota putih. Dosis yang baik dalam mengonsumsi Chamomile adalah satu sendok teh Chamomile kering atau dua sendok teh Chamomile segar di dalam secangkir air mendidih.

2. Lemon Balm (Melissa officinalis, Bee Balm)

Vitalitas tanaman ini dapat menyebar di seluruh pekarangan. Lemon Balm juga dikenal sebagai Bee Balm karena banyak dihinggapi lebah.

Dengan madu lemon dan bunga putih yang kecil, Lemon Balm menjadi minuman yang cocok sehari-hari, baik pada musim panas maupun musim dingin.

Tanaman herba ini tidak cocok untuk dikonsumsi dari keadaan kering karena akan merusak flavornya. Tanaman ini cocok dikonsumsi dalam keadaan segar.

 

Lemon Balm dapat memberikan rasa santai saat relaksasi dan menormalkan sistem pencernaan. Lemon Balm baik bagi sistem pencernaan yang sensitif. Lemon Balm banyak diunakan untuk penyembuhan iritasi usus, kejang otot dan syaraf, kecemasan dan depresi.

Lemon Balm juga baik dikonsumsi saat belajar sehingga dapat berpikir jernih. Selain itu, Lemon Balm juga baik dikonsumsi menjelang tidur. Dalam mengonsumsi Lemon Balm, Chamomile dapat dicampurkan ke dalam minuman untuk kombinasi.

Dosis yang baik dalam mengonsumsi Lemon Balm adalah satu sendok teh Lemon Balm dalam secangkir air mendidih sebanyak 3-4 kali sehari.

3. Wood Betony (Stachys betonica syn. S. Officinalis, Betonica officinalis, Bishop’s Weed)

Wood Betony merupakan tanaman yang sangat menarik, dengan bunga berwarna ungu tumbuh seperti kumpulan daun.

Wood Betony dapat melancarkan sistem syaraf, terutama sakit kepala dan daya ingat yang lemah. Wood Betony memiliki efek dapat melancarkan peredaran darah ke otak. Selain itu, Wood Betony juga dapat menyembuhkan penyakit migran. Penyembuhan ini sudah sangat terkenal di Eropa.

Dosis yang baik dalam mengonsumsi Wood Betony adalah satu sendok teh bunga kering atau dua sendok teh bunga segar dalam secangkir air mendidih.

4. Skullcap (Scutellaria lateriflora)

Jenis herba ini juga sebagai nervous tonic. Secara tradisional, masyarakat menganggap tanaman ini baik untuk kesehatan otak karena memiliki bentuk tengkorak yang mirip dengan tulang tengkorak.

Tanaman Skullcap memberikan efek yang menenangkan bagi otak konsumen. Tanaman ini dapat memberikan efek yang menenangkan bagi otak konsumen. Tanaman ini dapat memberikan rasa santai saat cemas dan sulit tidur.

Rasa pahit dari tanaman Skullcap dapat memicu fungsi hati untuk menyaring racun dari tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung zat untuk memicu hormon yang berperan dalam premenstrual tension (hormon yang berperan menyeimbangkan suhu tubuh menjelang menstruasi)

Dosis yang baik dalam mengonsumsi Skullcap adalah satu sendok teh Skullcap kering atau dua sendok teh Skullcap segar dalam secangkir air mendidih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s