Memanfaatkan Fasilitas UGM Direct Access Journal On Line

logo_sciverse_sciencedirectPada suatu kesempatan mengikuti perkuliahan di jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM, salah satu dosen pernah mengatakan bahwa ukuran kemandirian bangsa ditinjau dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilihat dari perkembangan aktivitas penelitian atau riset yang dilakukan oleh bangsa tersebut. Hal ini dikarenakan riset merupakan bagian paling hulu dan paling vital dari suatu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya aktivitas penelitian dilakukan oleh kalangan akademisi khususnya pada tataran pendidikan tinggi atau universitas. Bahkan, kualitas suatu universitas bisa dilihat juga dari seberapa besar aktivitas penelitian yang dilakukan.
Universitas Gadjah Mada yang mencanangkan visi untuk menjadi World Class Research University saat ini sedang memacu diri untuk meningkatkan dan mengembangkan penelitian sebagai bentuk kontribusi guna mencapai bangsa yang mandiri secara ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak hanya dalam lingkup sempit arti penelitian, namun termasuk juga aktivitas publikasi dari hasil penelitian tersebut. Selain itu, UGM juga menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga penerbit jurnal internasional yang terakreditasi untuk memudahkan civitas akademika dalam memperoleh referensi ilmiah yang up to date. Beberapa portal jurnal tersebut antara lain :

1. Science Direct
Secara umum Science Direct adalah portal jurnal internasional yang paling banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat sarjana atau yang baru mulai merambah dunia ilmu pengetahuan berbasis penelitian. Portal ini memuat jurnal-jurnal ilmiah internasional di bidang ilmu sains, teknologi dan kesehatan beserta turunannya. Kadang dilengkapi juga dengan bibliografi. Dan portal ini juga yang sangat sering saya manfaatkan untuk melampiaskan rasa kepo saya, utamanya terhadap seorang profesor tertentu yang risetnya sejalan dengan minat saya. Science Direct menyediakan fitur dan konten yang dapat mempermudah pencarian baik berdasarkan judul buku, kata kunci jurnal, nama pengarang dan sebagainya.

2. Scopus
Scopus merupakan portal jurnal yang menyediakan abstrak serta database sitasi literatur maupun publikasi penelitian dengan beberapa perangkat yang dapat digunakan untuk menelusuri, menganalisis maupun menggambarkan suatu proses penelitian. Scopus didesain untuk memudahkan peneliti dalam menemukan informasi yang dia butuhkan secara cepat. Dengan demikian, peneliti tersebut tidak kehabisan banyak waktu untuk menelusuri database serta lebih bisa fokus pada penelitiannya. Untuk portal ini, saya masih jarang menggunakan dan sifatnya hanya coba-coba karena memang belum begitu dibutuhkan untuk ukuran saya sekarang.

3. ProQuest New Platform
Portal ProQuest menyediakan dokumen-dokumen dan literatur ilmiah serta publikasi penelitian yang antara lain mencakup bidang seni, ekonomi bisnis, kesehatan dan kedokteran, sejarah, sastra, sains dan teknologi serta ilmu-ilmu sosial. Dengan demikian ProQuest menjadi salah satu portal yang cukup lengkap serta memuat hampir sebagian besar bidang ilmu.

4. ACS Publications
ACS Publications atau American Chemistry Society Publications adalah portal yang menyediakan koleksi jurnal di bidang ilmu kimia dan yang terkait dengannya. Sesuai dengan namanya, maka portal ini merupakan media publikasi penelitian yang dilakukan di Amerika pada bidang ilmu kimia dan turunannya.

5. Jurnal Dikti
Merupakan portal yang menyediakan database yang disediakan oleh DIKTI, yaitu Portal Garuda, ProQuest, Ebsco, Gale Cengange Learning. Namun sayangnya, untuk saya sendiri sampai saat ini masih agak kesulitan untuk menggunakan portal ini meskipun interface languagenya adalah Bahasa Indonesia.

Portal-portal tersebut beserta portal lainnya yang ada pada Direct Access UGM hanya dapat dinikmati dengan gratis oleh civitas akademika UGM. Dengan terhubung ke internet, maka kita dapat menggunakan email UGM kita masing-masing untuk log in dan mengakses portal-portal tersebut. Secara ringkas, pertama kali kita buka laman utama http://www.ugm.ac.id. Pada bagian atas menu laman tersebut klik halaman direktori. Kemudian pada halaman direktori bagian bawah akan muncul link Direct Access Journal On Line. Dengan menge-klik tersebut kita masuk pada laman Direct Access. Setelah itu, kita dapat langsung log in menggunakan user name sesuai user name email UGM kita. Misalnya email UGM saya adalah wahyu.dwi.s@mail.ugm.ac.id, maka pada user name Direct Access cukup diketik wahyu.dw.s tanpa domain @mail.ugm.ac.id. Kemudian password yang digunakan sama dengan password email UGM kita masing-masing.
Akhirnya, dengan tersedianya fasilitas ini seharusnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh segenap civitas akademika UGM untuk dapat mengambil bagian pada usaha mencapai kemandirian bangsa secara ilmu pengetahuan dan teknologi melalui serangkaian aktivitas penelitian baik basic research maupun advance research.
Semoga kemandirian bangsa dapat segera terwujud!
//
Selesai di Perpustakaan Fakultas Teknologi Pertanian UGM
Wahyu D. Saputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s