Air Kelapa

coconut-water-6f51be99d73fb9aacd1358747aea2de85aa4d2ff-s6-c10Kelapa merupakan tanaman yang dibudidayakan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya dalam hal kesehatan dan pengobatan, serta kaitannya dengan industri pangan. Pada wilayah yang ditumbuhi oleh pohon kelapa dalam jumlah banyak, sebagian masyarakat memanfaatkan hampir semua bagian dari tanaman kelapa. Salah satu komponen dari kelapa yang saat ini menarik minat para ilmuwan dan peneliti adalah air kelapa. Air kelapa diketahui sejak dahulu mempunyai fungsi anti bakteria, anti virus, anti jamur, anti parasit, anti dermatopitik, anti oksidan, hipoglikemik, hepatoprotektif dan immunostimulan. Air kelapa mengandung mcikromineral dan zat gizi yang penting bagi kesehatan. Oleh karenanya, air kelapa banyak digunakan oleh manusia sebagai komponen pendukung kesehatan. Indonesia menempati posisi teratas produsen kelapa dunia disamping Filiphina dengan luas lahan budidaya sekitar 1.78 juta hektar.
Air kelapa segar, atau yang bisa disebut Tender Coconut Water (TCW), merupakan minuman alami yang sangat baik. Air kelapa mempunyai nilai kalori 1.74/100 gram. Air kelapa mengandung vitamin B kompleks. Diantaranya adalah nicotinamic acid (vitamin B3) sebanyak 0.64 g/ml, panthotenic acid (vitamin B5) sebanyak 0.52 g/ml, biotin 0.02 g/ml, ribovlafin <0.01 g/ml, asam folat 0.003 g/ml serta sejumlah kecil tiamin dan piridoxin. Disamping itu, air kelapa murni juga mengandung gula, gula alkohol, vitamin C, asam amino bebas, fitohormon berupa sitokinin, sejumlah enzim (acid phospatase, catalase, dehydrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase) serta faktor pemicu pertumbuhan.
Air kelapa segar juga mengandung ion-ion anorganik seperti K (290 mg%), Na (42 mg%), Ca (44 mg%), Mg (10 mg%), P (9.2 mg%). Konsentrasi ion-ion anorganik di dalam air kelapa segar ini membentuk tekanan osmotik mirip pada darah manusia dan tidak menyebabkan koagulasi komponen plasma. Air kelapa segar juga mengandung asam amino bebas, utamana L-arginin yang berguna untuk mengurangi jumlah radikal bebas.
Sejauh ini, pemanfaatan air kelapa di Indonesia belum terlalu berkembang. Air kelapa umumnya dimanfaatkan untuk konsumsi langsung seperti es kelapa muda. Selain itu, dikenal juga produk fermentasi air kelapa seperti nata de coco dan kecap air kelapa. Pemnfaatan air kelapa semakin hari semakin meluas lingkup dan bidangnya.
Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, Indonesia adalah surga bagi pohon kelapa. Pohon ini dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sumatera sampai Papua. Luas perkebunan kelapa saat ini mencapai 3.8 juta hektar yang terdiri dari perkebunan rakyat seluas 3.7 hektar, perkebunan milik pemerintah seluas 4699 hektar serta milik swasta seluas 66189 hektar. Selama 34 tahun, luas tanaman kelapa meningkat dari 1.66 juta hektar pada tahun 1969 menjadi 3.8 juta hektar pada tahun 2011.
Namun demikian, pemanfaatan hasil kelapa dirasa belum optimal baik pada skala industri yang dikelola secara komersial maupun tradisional. Termasuk di dalamnya pemanfaatan air kelapa segar. Pengembangan produk berbahan dasar kelapa sangat mungkin menjadi salah satu unsur penting untuk meningkatkan perekonomian rakyat serta devisa negara.
//

Wahyu D. Saputra

dalam ‘ Pengaruh Penggunaan Air Kelapa sebagai Media Simpan terhadap Kondisi Pascapanen Komoditas Selada Air ‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s