Akina no Fukki

cropped-cropped-hanami012.jpgAlhamdulillah, akhirnya saya bisa menyentuh kembali blog ini setelah sempat saya telantarkan untuk beberapa bulan. Kesibukan berkaitan dengan kuliah, utamanya perancangan profil industri dan laboratorium nampaknya memang sedikit banyak menyita waktu untuk membaca dan menulis. Ditambah lagi dengan kesibukan di Departemen Profesionalisme Akademik, keluarga baru saya di Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM membuat saya hanya sempat memposting satu artikel di semester ini.
Dan di tulisan kali ini, saya akan khususkan untuk refleksi dan introspeksi rumah tulisan ini. Dilihat dari judulnya, Akina no Fukki merupakan kalimat dalam bahasa Jepang yang bila diterjemahkan secara kasar artinya adalah The Return of Akina atau Kembalinya Akina. Rumah tulisan ini secara khusus saya beri nama Akina setelah sebelumnya sempat saya beri nama Keiji Lib. Ceritanya bermula ketika secara tidak sengaja saya melihat video klip salah satu grup musik Jepang yang menampilkan salah seorang ibu muda sedang mengayunkan puterinya di mainan ayunan. Entah kenapa saya melihat di video tersebut ibu itu begitu terlihat menyayangi puterinya. Sambil tersenyum keduanya asik memainkan ayunan. Dan pikiran saya, seperti biasanya, kemudian mulai berdelusi. Saya ingin punya seorang anak perempuan suatu saat nanti. Anak perempuan yang cantik, lucu dan pintar.
Saya pun kemudian mulai mencari-cari nama bayi perempuan Jepang dan bertemulah dengan kata Akina. Secara harfiah Akina artinya bunga yang mekar di musim semi. Mengetahui arti tersebut, saya pun dibuat jatuh hati. Dasar sebelumnya saya sudah suka dengan yang berbau Jepang, terutama bunga Sakura, maka terang saja nama tersebut kemudian langsung cocok. Karena sekarang status saya masih single dan tentunya belum mempunyai seorang puteri, maka nama Akina itu kemudian saya sematkan di rumah tulisan ini.
Kenapa harus menyebutkan kata ‘Kembali’ di judul tulisan ini ? Ya, walaupun hanya sekitar empat bulan saya tinggalkan, meski demikan rasanya ada yang begitu kurang dalam hidup ketika tidak menulis. Saya sendiri sudah lupa sejak kapan menulis menjadi bagian yang mempengaruhi hidup saya. Namun saya merasakan bahwa melalui menulis inilah saya bisa menemukan sedikit kelegaan dan kedamaian ketika menghadapi saat-saat menyesakkan dalam hidup. Meskipun saya tahu kualitas tulisan saya tidak seberapa, tapi saya selalu ingat nasehat seorang teman, “ Sekedar tulislah dan kamu akan merasa lebih lega ! “
Awal mula menulis blog dulu saya berpikir untuk mengembangkan artikel-artikel yang bisa dikonsumsi oleh umum, utamnya di bidang pangan. Dari situ kemudian saya berpikir bagaimana agar blog ini bisa dikunjungi dan dibaca oleh orang-orang. Sampai sekarang, hal tersebut masih saya pertahankan. Hitung-hitung juga sebagai media latihan untuk menulis artikel ilmiah. Namun ke depan, mungkin selain artikel-artikel yang sifatnya informatif, saya juga akan menuliskan beberapa pengalaman hidup di rumah tulisan ini. Tujuannya bukanlah agar orang-orang menjadi tahu apa yang saya alami di hidup ini. Namun lebih untuk menuliskan memori dan membingkai peristiwa hidup tersebut dalam album tulisan yang bisa dikenang sendiri sewaktu-waktu. Dan agar suatu hari nanti, jika Allah Ta’ala mengizinkan, istri dan anak-anak saya pun bisa membacanya dan menjadi tahu bagaiman saya melewati potongan-potongan hidup ini.
Akhirnya saya berharap bisa terus bermanfaat melalui rumah tulisan sederhana ini. Saya juga berharap agar Allah Ta’ala Yang Maha Baik mengizinkan saya suatu saat nanti menunjukkan Akina ini kepada Akina sebenarnya yang cantik, lucu dan pintar. Ya, suatu saat nanti di bawah mekarnya Bunga Sakura, Insya Allah! Amiin.

Wahyu D. Saputra di Sukoharjo, awal Juli 2013

Leave a Reply

